Yuk Pahami Pengertian Kebugaran Jasmani dan Unsur-unsurnya

Yuk Pahami Pengertian Kebugaran Jasmani dan Unsur-unsurnya

  • October 11, 2018
  • By Admin: editor
  • Comment: 0

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, kita perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian kebugaran jasmani dan unsur-unsurnya. Terdapat beberapa pengertian kebugaran jasmani itu sendiri. Kebugaran jasmani merupakan kemampuan dan daya tahan fisik atau tubuh seseorang dalam melakukan berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari, tanpa mengalami kelelahan yang berarti.

Setelah mengetahui pengertian kebugaran jasmani, kali ini kita akan membahas mengenai unsur-unsur dari kebugaran jasmani. Ada beberapa unsur dari kebugaran jasmani yang kami sajikan sebagai berikut :

  1. Kecepatan (Speed)

Secara umum, kecepatan adalah waktu yang dibutuhkan seseorang dalam melakukan gerakan yang berbeda dan berkesinambungan. Seseorang dikatakan memiliki kecepatan yang bagus apabila memiliki waktu yang lebih sedikit dalam melakukan gerakan.

  1. Kekuatan (Strength)

Kekuatan adalah kondisi tubuh dalam menggunakan otot untuk memaksimalkan tenaga ketika melakukan suatu aktivitas fisik. Kekuatan otot dapat ditingkatkan dengan melakukan latihan angkat beban, push up, sit up, back up, dan squat jump secara rutin.

  1. Daya Tahan (Endurance)

Daya tahan adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan organ tubuhnya seperti paru-paru dan jantung dalam waktu yang cukup lama dan tempo yang berbeda secara efektif dan efisien tanpa merasakan sakit dan lelah yang berlebihan.

  1. Kelincahan (Agility)

Kelincahan adalah kemampuan manusia saat beradaptasi diri dengan segala pose posisi tubuh.

  1. Kelenturan (Flexibility)

Kelenturan tubuh dapat dilihat dari seberapa baik tubuh manusia mampu menyesuaikan dengan gerakan atau kegiatan tertentu.

  1. Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan merupakan kemampuan tubuh untuk mengendalikan organ dan syaraf otot sehingga dapat mengendalikan tubuh dengan baik.

  1. Ketepatan (Accuracy)

Ketepatan ialah kemampuan tubuh untuk mengendalikan gerakan terhadap sasaran yang ingin dituju.

  1. Reaksi (Reaction)

Reaksi merupakan kemampuan seseorang dalam menanggapi rangsangan atau stimulus yang diberikan orang lain.

  1. Koordinasi (Coordination)

Koordinasi ialah kemampuan seseorang dalam menyatukan gerakan tubuh berbeda ke dalam satu gerakan yang efektif.

  1. Daya Otot (Muscular Power)

Daya otot atau daya ledak otot artinya kemampuan seseorang dalam menggunakan kekuatan maksimum yang dikerahkan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Dari unsur-unsur di atas, tentu sangat baik apabila kita mampu menguasainya karena dapat memberikan kemudahan dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari.